Tetap Semangat Beraktivitas di Bulan Puasa


Tetap Semangat Beraktivitas di Bulan Puasa
Artikel Terkait

Ibadah puasa bukan halangan untuk tetap melakukan aktivitas kerja. Untuk mempertahankan kondisi tubuh yang fit selama berpuasa, dibutuhkan beberapa tips sehat yang harus dipenuhi sehingga saat di tempat kerja tetap mempunyai semangat dan gairah untuk bekerja.

  1. Tetap makan sahur

Sahur itu diperlukan karena salah satunya adalah perintah dari Rasullah SAW, dengan sabdanya, : “Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar.” Dan jika kita melaksanakan sunnah Rasul sudah pasti ada ganjarannya dari Allah SWT. Selain itu, energi yang kita butuhkan untuk beraktivitas di siang hari akan tercukupi.

Apa yang haru dimakan sahur? Sebaiknya saat sahur pilihlah makanan yang berserat, berlemak dan berprotein tinggi. Hindari makanan manis yang berlebihan, karena akan mempercepat sekresi insulin, yang menyebabkan cepatnya gula masuk dalam sel, yang akibatnya kita cepat lapar di siang hari. Dan untuk lebih tahan lama, bersahurlah dekat saat imsak.

  1. Segerakanlah berbuka

Untuk memulihkan energi yang terkuras habis, segeralah berbuka dengan makanan berkarbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan yang manis, yang dapat secara instan mengembalikan energi kita. Namun kita juga tidak boleh terburu-buru menyantap habis hidangan yang disediakan di atas meja.

Makanlah secara bertahap agar organ cerna yang seharian tak terisi dan dalam keadaan beristirahat, punya waktu untuk menyesuaikan. Baru setelah sholat maghrib kita tidak dapat melanjutkan dengan makan berat, seperti nasi dan lauk pauknya. Dan setelah tarawih dilanjutkan dengan sesi makan kecil atau cemilan.

  1. Tetaplah berolahraga

Aktivitas fisik saat puasa sangat dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar tidak mudah loyo. Lakukanlah olahraga semampu kita, namun lakukanlah olahraga menjelang waktu berbuka.

  1. Konsumsi cukup air

Lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari air. Untuk menjalankan fungsinya, setiap organ tubuh kita membutuhkan air. Untuk itu perbanyaklah minum air dan aturlah agar Anda minum 8 gelas air sebelum menjalani puasa esok hari. Namun, kita perlu membatasi minuman yang merangsang tubuh memproduksi urin seperti the dan kopi, karena akan menyebabkan air yang sudah kita minum dikeluarkan kembali dari dalam tubuh.

  1. Pengendalian emosi

Rasullah SAQ berpesan bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain tujuan puasa adalah mengendalikan emosi, belajar bersabar, dan berupaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan begitu kita akan sehat baik secara fisik maupun jiwa kita.

Demikian beberapa tips agar tetap sehat dan segar saat berpuasa.

 

Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita.

 

Sumber : newsletter PKPU edisi 9 Juli 2012


Artikel Terkait

Tips puasa di kantor

Puasa kerap dijadikan alasan untuk seseorang berleha-leha. Santai di rumah memperbanyak istirahat alias tidur, pun di ka [...]

0 Komentar

Belum ada Komentar.

Tulis Komentar Balasan untuk:

Untuk menulis review Anda harus login terlebih dahulu.