Manfaat lain dari daun teh hijau


Manfaat lain dari daun teh hijau
Artikel Terkait

Ternyata teh hijau selain diminum dan memberikan efek baik bagi tubuh juga bisa dimanfaat kan untuk kesehatan kulit. Ternyata teh hijau juga bisa dimanfaat kan untuk banyak hal.

Berikut manfaat teh hijau untuk kesehatan kulit dan rambut.

  • Menghilangkan komedo

Daun teh hijau adalah senjata yang ampuh mengenyahkan komedo. Selain membuat komedo sirna, kandungan antioksidan pada teh hijau akan membuat kulit lebih segar dan rileks. Cara: Tumbuk 1 sdt daun teh hijau dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Oleskan pada area yang bermasalah dengan komedo, lalu beri pijatan. Tetap pijat area berkomedo hingga 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

 

  • Kaki dan mata lelah hilang sekejap

Sekian lama berdiri atau berjalan membuat kaki lelah. Demikian juga terhadap mata yang seharian menatap komputer, tidak sekedar lelah tapi mata juga terasa panas. Gunakan teh hijau untuk mengatasinya, karena kandungan polifenol di dalam teh hijau akan melembabkan sekaligus menyegarkan kaki dan mata lelah. Cara: Masukan 2 kantung teh hijau kedalam gelas, kemudian tuang kedalam baskom, tambahkan sedikit air hangat, aduk merata. Rendamkan kaki yang lelah selama 15 menit, angkat dan bersihkan.Sementara untuk mata lelah, tempelkan kantung teh yang sudah diseduh. Atau bisa juga tempelkan kapas yang sudah direndamkan pada air seduhan teh hijau. Biarkan selama 15 menit dan basuh dengan air dingin, lakukan setiap hari menjelang tidur.

  • Mendinginkan kulit terbakar

Betapa tidak nyaman jika kulit kita terbakar. Kulit terasa panas, kering dan kasar. Efek kulit terbakar ini tetap terasa meski sudah berjam-jam berlalu sejak berada di bawah paparan sinar matahari. Untuk mengatasinya gunakan teh hijau, karena teh hijau akan mendinginkan kulit dan menetralisir radikal bebas yang menerpa kulit. Cara: Buat seduhan teh hijau dalam mangkuk, biarkan dingin. Kemudian rendamkan kain halus kedalamnya, tempelkan pada bagian yang terbakar selama 15 menit atau rasa terbakar hilang. Ulangi beberapa kali hingga efek rasa terbakar benar-benar hilang.

  • Melembutkan rambut

Teh hijau juga bermanfaat untuk melembutkaan sekaligus menguatkan rambut. Kandungan vitamin E didalamnya memperbaiki rambut rusak melembabkan rambut kering. Cara: Buat seduhan teh hijau sebanyak 2 cangkir menggunakan air mendidih, biarkan beberapa lama sampai dingin. Setelah itu basuhkan secara merata dan biarkan mengering kemudian sisir sepeti biasa, tidak perrlu di bilas. Lakukan pagi hari sebelum berakftivitas, setiap 2 hari sekali.

  • Mengatasi rambut rontok

Kandungaan epigallocatechin gallate (EGCG)pada teh hijau dipercaya bisa mengatasi rambut rontok. Sebab berdasarkan penelitian, ECGC bisa terserap kedalam pori-pori rambut dan menyehatkan folikel rambut. Folikel rambut sendiri merupakan bagian dari kulit tempat tumbuh rambut. Jika folikel sehat, maka rambut rambut yang ditopangpun akan kuat. Cara: Buat seduhan teh hijau (bisa dari serbuk atau kantung) sebanyak satu cangkir, gunakan air mendidih agar seduhan cukup kuat. Biarkan sampai hangat, celupkan kapas kemudian oleskan ke kulit kepala yang sudah di bersihkan sambil ditekan-tekan agar teh bisa meresap. Lakukan pada seluruh bagian rambut, biarkan sampai mengering. Lakukan 2 hari sekali.

  • Kulit berminyak jadi lembab, kencang dan halus

Kulit berminyak memang menjadi masalah tersendiri bagi banyak orang, karena kulit berminyak menyulitkan untuk dirias. Namun, kulit berminyak ini bisa dirawat menggunakan teh hijau. Teh hijau mengandung asam tannic yang membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Kafein didalamnya juga bisa mengencangkan dan menghaluskan kulit. Cara: Ambil tepung beras sebanyak 4 sendok makan, tuangi dengan seduhan teh hijau yang sudah dingin. Aduk hingga berbentuk pasta dan bisa di oleskan, jika terlalu kental bisa di tambah tehnya. Oleskan keseluruh permukaan wajah, biarkan sampai mengering. Bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin. Lakukan seminggu sekali. Untuk perawatan sehari-hari, basuhkan air teh hijau dingin yang sudah dimasukan lemari pendingin ke wajah. Lakukan setiap hari setelah bangun tidur.

(***)


Artikel Terkait

Resep Teh Tarik

Bahan: 2 kantong individual teh hitam aroma melati 200 ml air mendidih 50 ml susu evaporas [...]

0 Komentar

Belum ada Komentar.

Tulis Komentar Balasan untuk:

Untuk menulis review Anda harus login terlebih dahulu.