Manfaat dan kerugian teh bagi kesehatan


Manfaat dan kerugian teh bagi kesehatan
Artikel Terkait

Mungkin Anda salah satu penggemar teh. Beberapa jenis teh dipercaya dapat menurunkan berat badan dan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun di sisi lain, teh juga dapat berbahaya bagi kesehatan. Apa saja manfaat dan kerugian teh bagi kesehatan?

 

Berikut adalah 10 fakta teh bagi kesehatan.

 

1. Teh mengandung sedikit kafein sehingga tidak menimbulkan efek diuretik. Anda tidak akan bersegera ke kamar mandi untuk buang air setelah meminum segelas teh.

 

2. Jenis teh tertentu juga dapat memberi keuntungan bagi gigi Anda. Ada elemen teh yang mengandung fluoride sehingga mencegah kerusakan pada gigi.

 

3. Es teh dapat digunakan untuk mengobati luka kulit yang terbakar.

 

4. Kandungan teh pada dasarnya adalah 99% mengandung air, karena itu, teh tidak mengakibatkan dehidrasi.

 

5. Teh dapat mengatasi bau mulut. Sebuah penelitian di Chicago membuktikan bahwa kandungan polifenol yang terdapat di dalam teh secara aktif membantu mencegah bakteri yang menyebabkan bau mulut.

 

6. Teh mengandung antioksidan yang berguna bagi kesehatan. Kandungan antioksidan pada teh juga lebih baik daripada yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan karena dapat lebih mudah diserap oleh pembuluh darah.

 

7. Meminum teh dapat membantu Anda yang mengalami insomnia atau sulit tidur.

 

8. Zat tannin dan catechin dalam teh dapat mengikat zat besi (Fe) dalam makanan. Oleh karena itu, HINDARILAH meminum teh manis setelah makan besar (nasi dengan lauk pauk). Zat besi yang terdapat di dalam lauk pauk akan terikat oleh tannin dan catechin sehingga tidak dapat terserap oleh usus. Fe atau zat besi di dalam makanan berguna untuk membentuk sel darah merah atau eritrosit pada tubuh manusia. Bila kekurangan zat besi terjadi akan timbul penyakit kekurangan sel darah merah yang disebut anemia defisiensi besi yang lama-kelamaan dapat mengakibatkan berbagai komplikasi anemia, yaitu gagal jantung, gangguan pertumbuhan, dan komplikasi saat persalinan.

 

9. Saat yang tepat untuk minum teh adalah pada sore hari. Teh dapat diminum bersamaan dengan memakan cemilan seperti kue, dll.

 

10. Penggunaan gula dalam teh juga perlu diperhatikan karena kadar gula yang berlebih dapat mengakibatkan diabetes, terutama bagi Anda yang mempunyai berat badan di atas rata-rata.

 

Itulah 10 fakta teh bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Agar acara minum teh Anda lebih sehat dan aman bagi tubuh, sebaiknya Anda lakukan beberapa tips di atas.

 

(***)


Artikel Terkait

Bahaya rokok bagi janin

Saat ini kebiasaan merokok pada cewek sudah menjadi trend. Mirisnya, trend buruk ini bisa berakibat sangat fatal bila ce [...]

0 Komentar

Belum ada Komentar.

Tulis Komentar Balasan untuk:

Untuk menulis review Anda harus login terlebih dahulu.