Makan buah sebelum atau sesudah makan?


Makan buah sebelum atau sesudah makan?
Artikel Terkait

Banyak orang yang salah kaprah mengenai konsumsi buah, ada yang bilang sebaiknya sesudah makan. Namun, ada pula yang bilang makan buah sebelum makan besar. Padahal makan buah setiap hari itu sehat. Nah stigma inilah yang harus diluruskan.

Buah adalah menu sehat yang memiliki banyak nutrisi bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah terdiri dari nutrisi, serat dan air, buah-buahan bisa menjadi pilihan yang sehat sebagai camilan yang dibuat minuman.

Kandungan yang terdapat dalam buah, seringkali membuat perut jadi terasa penuh dan menyebabkan gas. Hal ini disebabkan karena adanya proses fermentasi yang terjadi setelah makan buah di dalam perut.

Fermentasi merupakan proses penguraian yang melibatkan bakteri di dalam perut. Bakteri dalam tubuh tetap bekerja karena adanya asupan gula yang terkandung dalam buah-buahan. Lalu, di dalam perut komposisi buah berubah setelah melewati proses fermentasi. Kondisi perut akan tetap seimbang karena adanya kandungan hydrochlocic acid.

Anda bisa mengkonsumsi buah 20 - 30 menit sebelum makan nasi, bisa juga dicampur nasi atau sesudah makan besar. Jika ingin mengkonsumsi buah setelah makan nasi, maka membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mencernanya.

Yang lebih penting saat sedang mengkonsumsi buah, Anda tidak sakit perut. Lain halnya bila Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri jahat, bisa menyebabkan sakit perut. Jadi bila Anda merasa sakit perut mendadak setelah makan sesuatu, Anda patut lebih memperhatikan kehigienisan makanan yang Anda konsumsi.

 (***)


Artikel Terkait

Anak susah makan? Siasati!

Orangtua mana yang tidak galau melihat anak kesayangannya tak mau makan, rewel, dan selalu menangis jika hendak diberi m [...]

0 Komentar

Belum ada Komentar.

Tulis Komentar Balasan untuk:

Untuk menulis review Anda harus login terlebih dahulu.