Jenis makanan untuk vegetarian


Jenis makanan untuk vegetarian
Artikel Terkait
Vegetarian merupakan sebuah pola hidup sehat dengan hanya mengkonsumsi makanan nabati. Walaupun sudah terbukti bahwa pola hidup vegetarian lebih sehat namun masih banyak orang yang memandang sebelah mata terhadap pola hidup vegetarian ini. Mungkin mereka menganggap bahwa vegetarian bisa membuat tubuh malnutrisi (kekurangan nutrisi) karena hanya mengkonsumsi jenis makanan nabati saja.
 
Pendapat itu tidak sepenuhnya salah. Karena bila pola hidup vegetarian dilakukan dengan cara yang salah tentu akan berakibat pada kekurangan aneka nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Oleh karena itu, bila kita memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian, maka kuncinya adalah harus bisa mengatur pola makan serta jenis makanan yang kita konsumsi.
 
Berikut ini adalah beberapa jenis makanan untuk vegetarian:
 

Protein

Kebutuhan protein wanita dewasa sekitar 44 gram serta pada pria dewasa adalah sekitar 56 gram setiap harinya. Jumlah kebutuhan protein tersebut tidak bisa tercukupi dengan hanya mengonsumsi 1 jenis bahan makanan saja. Pada pola hidup vegetarian, kebutuhan proteinnya bisa dicukupi dari kombinasi protein dari padi-padian, telur (bagi jenis lacto-ovo vegetarian), kacang-kacangan, produk olahan susu dan kedelai, sereal (nasi, jagung, kedelai), buncis, dll
 

Kalsium

 
Mineral kalsium adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi kita. Untuk vegetarian, bisa mengonsumsi sayuran hijau tua seperti sawi, bayam, dan brokoli. Namun perlu diperhatikan untuk mengatur konsumsi coklat karena kandungan asam oksalat pada coklat bisa menghalangi penyerapan kalsium pada tubuh kita. Selain sayuran, Anda juga bisa mengkonsumsi tahu, rumput laut, dan buah - buahan kering untuk mencukupi kebutuhan kalsium tubuh.
 
 
Zat besi
 
Zat besi terdapat pada semua sayuran yang berwarna hijau. Perlu diperhatikan bahwa penyerapan zat besi akan meningkat bila Anda mengonsumsi vitamin C. Untuk vegetarian, vitamin C diperoleh dari buah - buahan dan sayuran segar.

Vitamin B12

 
Vitamin B12 tidak terkandung pada jenis - jenis bahan nabati. Oleh karena itu, para vegetarian harus mengonsumsi bahan makanan yang telah difortifikasi dengan vitamin B12 (makanan yang telah disisipi zat gizi tertentu dalam jumlah sedikit). Contoh makanan yang telah difortifikasi dengan vitamin B12 adalah sereal (biasa juga dalam bentuk cornflakes).
 
(***)

Artikel Terkait

Olahraga Untuk Kecerdasan

Prestasi anak di sekolah tak hanya ditentukan hasil belajarnya, tapi juga oleh kebiasaan berolahraga. Hal ini terungkap [...]

0 Komentar

Belum ada Komentar.

Tulis Komentar Balasan untuk:

Untuk menulis review Anda harus login terlebih dahulu.