Bumbu dasar masakan Indonesia


Bumbu dasar masakan Indonesia
Artikel Terkait

Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah-rempah. Rempah-rempah ini juga memperkaya citarasa masakan Indonesia. Bumbu tradisional Indonesia inilah yang membuat masakan Indonesia khas dan beda. Kenali tiga bumbu dasar ini, dan aplikasinya untuk masakan tradisional Indonesia. Secara garis besar, bumbu dasar tradisional Indonesia terbagi tiga. Satu jenis bumbu dasar bisa diaplikasikan pada sejumlah pilihan masakan. Warisan bumbu nusantara ini bisa Anda dapatkan di pasar tradisional mau pun supermarket. Bahkan, Anda bisa membuatnya sendiri dari dapur di rumah.

1. Bumbu dasar putih

Bumbu dasar putih dibuat dari campuran bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar. Bumbu jenis ini biasanya digunakan untuk membuat sayur lodeh, soto, dan opor.

2. Bumbu dasar kuning

Bumbu dasar kuning terbuat dari bumbu dasar putih di tambah kunyit. Bumbu tradisional ini digunakan untuk membuat ayam goreng, ayam bakar, soto, dan gulai. 3. Bumbu dasar merah

Bumbu dasar merah ini juga pengembangan dari bumbu dasar putih. Bumbu ini dibuat dari bumbu dasar putih di tambah cabai merah. Biasanya digunakan untuk membuat sambal goreng atau ayam panggang.  

Anda pun dapat berkreasi dengan bumbu dasar tradisional ini dalam berbagai varian masakan. Untuk meramu masakan, bumbu dasar ini dapat ditambahkan dedaunan aromatik atau bumbu buatan. Anda pun bisa menciptakan berbagai masakan yang sangat beragam jumlahnya.

 

(***)

Sumber : Kompas.com


Artikel Terkait
0 Komentar

Belum ada Komentar.

Tulis Komentar Balasan untuk:

Untuk menulis review Anda harus login terlebih dahulu.