5 Tips agar si kecil doyan makan


5 Tips agar si kecil doyan makan
Artikel Terkait

Setiap orangtua pasti pernah mengalami masa dimana si kecil susah makan. Berbagai cara dilakukan mereka agar anaknya doyan makan. Baik cara penyajian makananya, makan sambil bermain, maupun saat si kecil sedang asik menonton televisi. Namun tetap saja mereka enggan menyentuh makanan yang sudah kita buat. Tentunya sebagai orangtua Anda khawatir mengenai kecukupan gizi untuk si buah hati. Apalagi bila si kecil sudah memilih makanan yang tidak sehat tentu hal ini akan menghambat masa pertumbuhannya.

Agar kita mampu mengatasi anak yang susah makan kita harus tahu dulu apa yang menjadi penyebab si kecil susah makan. Misalnya, si kecil suka mengemut makan, tidak menyukai makanan yang banyak dan hanya menyukai makanan tertentu saja dan menderita penyakit kronis sehingga menurunkan nafsu makan. Berikut ini beberapa yang harus Anda lakukan bagaimana cara membuat si anak mau makan.

  • Memberikan makanan yang disukai

Penting bagi Anda untuk memberikan makanan sehat untuk si kecil. Bila si kecil sudah mulai susah makan. Anda bisa memberikan sajian yang berbeda untuk mereka. Sajian ini bisa diberikan sesuai dengan apa yang anak suka. Misalnya, bila si kecil suka sosis Anda bisa mencampurkan sosis ke dalam makanannya, bila anak suka ayam Anda bisa mengolah makanan sayur sop dengan mencampurkan ayam kedalamnya, dan lain sebagainya.

 

  • Menyajikan makanan dengan variasi yang menarik

Bila Anda sudah menyiapkan beberapa macam makanan untuk si kecil, Anda bisa menyajikan dengan tampilan menarik. Misalnya, mengukir wortel dengan bentuk bintang supaya si kecil mau memakannya, mencetak nasi goreng dalam cetakan teddy bear atau bebek kecil.

 

  • Tidak memaksa si kecil makan

Perlu diingat bila si kecil sudah mulai kenyang dengan makanannya, Anda jangan memaksa untuk menghabiskan makanan tersebut. Karena bila anda paksa bisa-bisa si kecil memuntahkan makanannya.

 

  • Membuat suasana nyaman, menarik dan berselera

Biasanya bila si kecil di ajak makan bersama dengan teman-temannya bisa membuat dia mudah diberi makan. Misalnya, saat si kecil sedang bermain dengan teman-teman Anda bisa memberikan dia makan. Bila dia tidak mau makanan berat seperti nasi, ibu bisa memberikan alternatif lain yaitu camilan.

 

  • Ajarkan si kecil dengan memberi contoh

Biasanya si kecil mau makan bila ia mengikuti kebiasaan makan orangtuanya, jadi pastikan Anda juga mengkonsumsi makanan yang sehat untuk si kecil agar mereka juga ikut terbiasa dan menyukai makanan sehat. misalnya, biasakan agar si kecil mulai menyukai sayur-sayura ataupun buah-buah, mulailah Anda menyajikan makanan tersebut sebagai makanan sehari-hari.

(***)


Artikel Terkait

Makanan sehat saat bekerja

Kesibukkan pekerjaan seringkali membuat kita lupa untuk makan siang. Bisa dibilang makan siang bisa menjadi prioritas ke [...]

Cara mengolah daging bebek

Mengolah daging bebek bukan hal mudah, karena ia punya keunikan tersendiri, liat, basah dan aromanya cenderung amis. Jad [...]

0 Komentar

Belum ada Komentar.

Tulis Komentar Balasan untuk:

Untuk menulis review Anda harus login terlebih dahulu.